Traditional java

Acara kegamamaan memang unik dan identik. Tapi jaman sekarang sudah jarang orang – orang kita yang mengadakan acara tersebut, karena mereka pada sibuk dengan kesibukan masing – masing personal. Rebana atau kalau lebih ngetren di purworejo yaitu kencreng. bermain kencreng beda dengan musik yang lain. kencreng sangat erat hubungan nya dengan sholawat, dimana saat bermain kencreng di iringi dengan sholawat. Ini merupakan peninggalan orang orang kuno sehingga masih bisa dimainkan sampi sekarang.kencrengan ini banyak dimainkan saat orang hajatan , hari besar islam; mulud , rojab. ada juga yang digunakan untuk karnaval ( orang jawa menyebutnya arak – arak an ).

Di daerah purworejo sangat identik dengan arak arak an tapi nggak semuanya daerah mengadakan paling cuma daerah tertentu saja. misalnya saja daerah Ngombol yang sering mengadakana arak arakan : Secang, Seboro pasar, Piyono di daerah ini sering mengadakan arak – arakan. arak- araan ini diadakan paling setiap tahun paling dua/satu kali aj. yatu bulan Maulud dan Bulan Rojab dimana bulan itu termasuk hari besar islam. Dimasjid – masjid atau mushola sering diadakan arak – arakan dengan bersamaan khotmil Quran. la terus siapa yang diarak yang diarak adalah para anak – anak  pembaca Khotmil Quran.

Acara ini sangat meriah karena untuk mendorong anak – anak untuk tolabul ilmi dalam bidang agama. arak – arakan bisanya terdiri dari: anak yang diarak yaitu para pemabca khotmil Quran, biasanya anak ini dinaikkan Becak, kalau orang tuanya mampu dinaikan Kuda ( numpak jaran ). terus para penabuh kencreng / rebana , gagar mayang , dan rombongan para pengarak. arak arakan biasanya dilakukan pada malam hari terus pada membawa obor ( oncor) lampu petromak , terus ada yang main api ( Biasanya disebut ABIT ) kalau lebih meriah ada cepetan yatu terdiri dari barongan dan temennya yang macaknya serem ada juga yang canti. tetapi kalau di daerah lain seperti winong, loning , dan yang lain kebanyakan dilakukan pada siang hari tapi kalau daerah ngombol malam hari. itulah acara traditional di daerah purworejo yang sering dilakukan dan masih banyak acara traditional yang lain.

Iklan

5 pemikiran pada “Traditional java

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s